Langsung ke konten utama

6 Olahraga Unik dari Penjuru Dunia

Menjadi sehat memang baik. Buat jadi sehat juga banyak caranya. Mulai dari jogging atau sepedaan bisa lo lakuin buat jaga stamina dan bikin badan tetap bugar. Lebih enak lagi kalo ngelakuin olahraganya bareng teman atau pacar. Lebih ramai pasti jadi lebih seru. Nah, di luar olahraga super biasa yang sering kita jumpai, ternyata banyak loh olahraga yang tercipta berkat kreativitas manusia.

Kadang, olahraga “aneh” ini bikin banyak orang mikir, ‘ngapain sih capek-capek begitu cuma buat nyari keringat?’ Jangan nganggap remeh dulu. Olahraga-olahraga aneh pun pasti ada filosofinya. Enggak mungkin olahraga aneh—yang kebanyakan adalah olahraga tradisional—ini dibikin tanpa asal-usul yang jelas. Yuk, kita cari tahu lebih lanjut apa saja sih olahraga-olahraga unik dari seluruh dunia.

1. Lompat Batu, Indonesia

Orang Nias menyebutnya dengan fohombo atau hombo batu. Olahraga ini sebenarnya adalah ritual pembuktian kedewasaan cowok-cowk Nias. Cowok yang mau ikutan “tes kedewasaan” ini harus ngelompatin tembok setinggi 2 meter dengan ketebalan 40 cm. Udah, itu aja syaratnya. Simpel kan? Ya, kalo cuma nonton sih memang gampang. Tapi lo juga boleh pikirin sendiri akibatnya kalo lo gagal. Bisa jadi kaki atau kepala lo benjol-benjol. Mending kalo cuma benjol, kalo sampe patah atau retak tengkorak. Lumayan serem juga ya. Kalo lo berhasil, bukan berarti kelar urusan lo. Zaman dulu, menjadi cowok dewasa itu tandanya lo harus siap ke medan perang. Lo sudah dewasa belum?

2. Kebaddi, India

Kebaddi atau Kabaddi adalah olahraga dari Tamil, India. Olahraga ini awalnya digunain buat persiapan tentara. Sekarang Kebaddi sudah jadi olahraga nasional di Bangladesh. Memang kelihatan seperti permainan anak-anak, tapi sebenarnya ini merupakan olahraga gulat. Salah satu atlet harus berhadapan dengan tujuh barikade lawan yang bertugas menghadang atlet sampai ke garis aman. Semacam permainan benteng di Indonesia, tapi dengan aturan yang lebih rumit.

3. Lempar Tuna, Australia

Olahraga super aneh ini sangat populer di Australia. Di sana ada festival besar namanya Tunarama yang diadain cuma buat ngelempar-lempar tuna. Rekor yang tercatat adalah 122 meter di Port Lincoln. Tekniknya sebenarnya cukup gampang. Kalo lo pernah ikut pelajaran olahraga pas SD, lempar cakram, lo udah termasuk orang yang bisa ikutan olahraga lempar tuna. Tapi, karena ikan tuna sekarang mulai langka, yang dilempar-lempar bukan lagi tuna beneran. Lagian, mending ikannya dimasak dan disantap bareng-bareng daripada dilempar kayak gitu. :D

4. Buzkashi, Afganistan

Selain negaranya yang suka konflik aneh, orang-orang Afganistan juga punya olahraga aneh. Sudah bawaan kali ya? Buzkashi ini sudah jadi olahraga nasional di Afganistan. Cara mainnya gampang, dua tim berkuda berusaha memperebutkan domba mati sebagai bolanya. Kemudian domba tersebut dilemparkan ke dalam bak di belakang garis, semacam gawang. Sejarahnya, Buzkashi dibikin untuk memberi semangat prajurit Afganistan dalam perang dan menjaga mereka agar tetap semangat.

5. Karapan Sapi, Indonesia

Nah, kalo yang satu ini, lo semua pasti sudah tahu kan? Cak-cak dari Madura itu ternya enggak cuma jago bikin satai. Mereka juga populer dengan olahraganya yang cukup keren ini. Gimana enggak, lo coba aja naik sapi buat bajak sawah terus lo pecut-pecutin pantatnya. Larinya bakal kenceng dan bisa kesetanan. Menurut orang kepercayaan ViKi, karapan sapi ini dibuat pada awalnya untuk nyari sapi-sapi mana aja yang kuat buat ngebajak sawah. Semacam tes kompetensi sapi begitu. Jago juga pak tani di Madura, mau jadi sapi bajak aja ada tesnya segala.

6. Tejo, Kolombia

Ini bukan nama dalang edan dari Indonesia itu lho ya. Cuma mirip nama aja. Tejo yang satu ini adalah olahraga asal Kolombia yang sudah berusia lebih kurang 500 tahun. Cara mainnya, tiap pemain harus ngelemparin cakram baja seberat 2 kg. Cakram ini harus bisa kena kapsul serbuk mesiu atau mechas kata orang sana yang ditempatkan di sebuah kotak di atas tanah. Pemain yang lebih banyak kena mechas lah yang menang. Ngelihat umurnya yang sudah setengah abad, enggak heran kalo mau main Tejo banyak banget aturannya. Sekelas american football gitu ribetnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cuma Modal Setrikaan Rakitan, Pasangan Ini Berhasil Bikin Usaha Gokil (Gosok Keliling)

Mungkin sebelum  istilah Go-jek, go-mart, (dan semua jasa yang diawali dengan kata go-) populer di telinga kita semua, pasangan suami istri ini udah make duluan. Lewat nama usaha Gokil. Bukan, gokil di sini bukanlah berarti gila, seperti bahas gaul yang kamu kenal. Tapi, GoKil yang ini adalah singkatan Gosok Keliling. Usaha jasa setrika keliling yang dijalani oleh Tria Amelia dan Irsan Heryadi sejak tahun 2013 lalu. Ide usah ini muncul setelah usaha mereka sebelumnya, laundry gak berkembang. Dengan modal setrika uap rakitan sendiri, mereka berkeliling komplek dengan motor dari jam 9 pagi sampe jam 5 sore. Nah, buat harganya, menyetrika satu kilogram pakaian dihargai 3500 - 4000 rupiah. Ya, mirip-mirip kayak laundry kiloan gitulah. Wah, anak kosan butuh banget jasa ini nih.

Cara Ampuh Membersihkan Habis Kotoran Telinga

Masukan Drop Of Cuka Serta Alk*oh*ol Dalam Telinga Anda Serta Say Goodbye untuk kotoran telinga. Lilin di telinga kita yaitu sistem betul-betul alami yang menghindar bakteri, kotoran serta debu masuk telinga kita. Sayangnya, beberapa orang lihat kotoran telinga sebagai lemak yang tidak perlu serta kotoran, serta mereka mengeluarkan sehari-hari. Yang terburuk yaitu kalau mereka umumnya mengerjakannya dengan memakai kapas, yang cuma mendorong bakteri lebih dalam interior telinga. Apa yang kurang di kenal yaitu kalau kotoran telinga yang terlalu berlebih jatuh sendiri, namun saat itu tidak berlangsung lantaran argumen apa pun, itu bisa mengakibatkan gejala-gejala yg tidak mengasyikkan. Hal semacam ini bisa bikin penyumbatan yang menghambat pelepasan selanjutnya dari lilin, sesaat mengakibatkan sakit telinga, permasalahan sinus, sakit kepala, masalah pendengaran, serta terkadang pusing. Untungnya, ada seseorang dokter yang mempunyai jalan keluar! Dokter

7 Etika Kentut yang Baik dan Benar

Kentut yang dihasilkan dari gas yang nongkrong dalam perut kamu emang sering gak terduga datangnya. Kamu bisa aja kebelet kentut kapanpun dan kadang gak kira-kira situasinya kayak gimana. Pokoknya kalau udah kepengen kentut ya brat bret brot aja gitu gak pake mikir. Tapi sadar gak sih kamu bahwa kentut itu sebenernya ada etikanya? Misalnya kalau kamu kepengen kentut itu sebaiknya... Melipir Dulu Kentut emang bisa datang gak kenal waktu, meskipun begitu kamu sebenernya masih punya sedikit kendali lho sama kentut yang bakal kamu keluarin. Yang penting kamu niat, bisa kali kamu melipir dulu kalau lagi kepengen kentut. Alasan banyak lah ya bisa dikarang-karang spontan juga, yang jelas kalau kamu pengen disebut sebagai pengentut yang beretika sebaiknya kamu melipir dulu menjauhi kerumunan manusia yang siap menghakimi kentut kamu. Pergi ke Toilet Kentut sambil melipir emang mendingan daripada kamu kentut on the spot . Tapi akankah lebih mulianya kalau kamu b